FKY 26 – Dodolan

“Yogyakarta, kota Festival”

Aku setuju sih dengan pernyataan ini. Hampir setiap bulan pasti di setiap sudut Yogyakarta ada yang mengadakan Festival, ya meskipun gak sebesar Jember Fashion Carnival gitu sih.

Bulan Agustus kemarin saja kalo nggak salah ada beberapa festival yang dihelat di beberapa titik di Yogyakarta. Namun acara yang paling besar (menurutku) itu Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

FKY26
FKY26

 

Festival Kesenian Yogyakarta tahun ini merupakan Festival Kesenian Yogyakarta yang ke-26. Tema yang diusung oleh panitia sendiri adalah Dodolan. Dodolan itu apa sih? Dodolan sendiri itu bisa diartikan sebagai 1. Jualan, 2. Bermain (Do dolan = Podo Dolan = Sama-sama Bermain). Tapi kalau ditanya mengapa diambil tema ini sih, lansgsung aja buka di sini.

Nah, di FKY itu sebenernya ada jadwal-jadwalnya. Jadi nggak setiap hari acaranya sama semua. Dan acaranya nggak cuma di satu titik loh. Pusat kegiatannya emang di Plasa Pasar Ngasem deket Tamansari. Tapi beberapa kegiatannya juga ada yang diadakan di pelataran tamansari, ada di PPKH UGM, di Condong Catur, bahkan ada yang di tepi sungai code.

Jadwalnya apa aja? Kalo jadwal, panitia emang sengaja nggak ngasih tahu semua langsung. Di kasih tau dikit-dikit, tiap hari tiap pagi diupdate di akun twitter resmi FKY 26. Kayaknya sih biar penasaran gitu. Cuma secara umum sih FKY ini mulai jam 10.00 sampai 22.00 WIY (Waktu Indonesia Yogyakarta) cuma acaranya apa dan di mana itu yang beda-beda. Dan FKY ini dimulai tanggal 20 Agustus dan akan ditutup tanggal 9 September 2014.

Hari Sabtu kemarin, iya sabtu, iya malam minggu, aku sempet main ke sana. Sama siapa? Sendirian.. iya sendirian. Untuk jadwal tanggal 30 Agustus yakni :

yak, ada dua panggung besar plus satu pelataran yang menggelar acara. Di Kleringan nanti ada kegiatan panggung musik sementara di Plasa Pasar Ngasem ada beberapa pertunjukan seni seperti ketoprak.

Malam itu aku berangkat sudah terlalu malam. Lewat isya aku baru keluar dari kost. Konsekuensinya, Jalan Malioboro otomatis macet. Aku memutar lewat jalan yang lain. Pas masuk di jalan yang ke arah Pasar Ngasem seperti yang sudah diduga bakal macet. Iya, itu malam dan pas malam minggu. Waktunya orang pacaran.

Aku terpaksa memarkir motor di tempat yang agak jauh. Ya banyak tempat parkir dadakan yang muncul di situ. Parkir motor, kemudian aku lanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Plasa Pasar Ngasem. Di luar pintu masuk ada beberapa penjual makanan tradisional macam kerak telor gitu. Sementara pintu masuk penuh meskipun masih bisa berjalan. Aku masuk. Biaya? Nol rupiah alias gratis.

Suasana menuju panggung
Suasana menuju panggung

Di dalam sudah penuh dengan manusia, ada beberapa stand-stand di kanan-kiri jalan masuk menuju panggung. Di Panggung sedang berlangsung Ketoprak Argo Budoyo, penontonnya? Jangan ditanya, pasti sepi rame. Semua orang tertawa, mulai dari anak muda sampai bapak-bapak. Inilah istimewanya Yogyakarta dibanding kota lain. Masih melestarikan budaya dan seni tradisional sementara di kota-kota lain sudah tertutup oleh gedung-gedung bioskop dan mall. Siapa bilang acara-acara tradisional macam begini ketinggalan jaman.

Aku mulai berkeliling ke sekitar dan kusempatkan mampir ke stand panitia untuk meminta semacam pamflet yang berisi informasi. Aku teringat kalau malam ini ada pementasan bioskop yang menayangkan film-film indie. Aku mengikuti peta yang tertera di pamflet tersebut. Ya masa aku yang dulu pernah berperan jadi “Peta” pas kegiatan teater kecil-kecilan di Jambore Daerah gak bisa baca peta. Malu dong aku, pada semut merah.. yang berbaris di dinding.. *stop

Aku mulai menjelajahi kampung tamansari, mengikuti petunjuk-petunjuk yang telah disediakan oleh panitia. Eh tapi emang dasar kalau di dalam perkampungan yang banyak sudut mati gitu aku justru malah amaw sangat mungkin buat nyasar. Ya, bisa ditebak. Aku kebingungan. Hahaha.

Pantang menyerah, aku masih berusaha untuk membaca peta dan mengikuti petunjuk  yang ada hingga akhirnya aku yakin aku telah mencapai pelataran yang dimaksud. Tapi aneh, kok nggak ada apa-apa? Apa bener ini pelataran yang dimaksud? Hmmm. Ada bekas tiang-tiang penyangga layar yang masih berdiri. Wah, tapi kok nggak ada apa-apa, apa jangan-jangan hari ini cuma persiapannya aja?

Putus asa. Ya udah, aku balik lagi menuju panggung. Kali ini aku mencoba jalan lain tapi masih tertera di peta. Ujung-ujungnya? Nyasar juga. Dan entah gimana caranya tiba-tiba aku ada di jalan raya yang aku nggak tau jalan apa. Pfftt. Absurd. Aku puter balik, ambil jalan yang lain, nyusuri gang demi gang, lorong demi lorong. Aku keluar lagi ke jalan raya. Astagaa, kok bisa aku gak kembali ke jalan aku berangkat tadi sih. Untungnya jalan raya yang ini jelas ada di sebelah pintu masuk depan. Pffft. Entah gimana aku bisa sampai di situ. Ya sudah, aku masuk lagi lewat pintu depan menuju ke panggung. Acara di panggung belum selesai. Tapi kali ini aku lebih memilih buat jalan-jalan di dalam saja. Ada banyak yang jualan, mulai dari makanan, aksesoris, atau juga kaos-kaos gitu.

Semakin malam, acara di panggung juga sudah akan berakhir, aku melihat jam juga sudah menunjukkan lebih dari jam 22.00 tandanya FKY akan tutup. Kaki juga sudah lelah setelah pagi harinya futsal. Aku keluar, mengambil motor di parkiran dan balik ke kost. Aku sempatkan untuk lewat demi melihat acara di Kleringan seperti apa. Di atas motor yang melaju pelan, aku memperhatikan ternyata sangat ramai dan sepertinya sangat menarik namun saat itu adalah peserta terakhir. Hmmm. Ya sudah, aku melajukan terus motorku sampai ke kost.

side story : di kost aku buka twitter, ternyata jawaban tentang bioskop tadi adalah acaranya sudah selesai. 😦

Iklan

10 tanggapan untuk “FKY 26 – Dodolan

Kalau menurut kamu gimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s