5 Destinasi Wisata Halal untuk Sang Halal

Aku sedang duduk di teras belakang rumah pada suatu sore, kamu datang dari dalam, membawa dua cangkir teh dan beberapa iris kue yang kamu ambil dari lemari pendingin. Kamu mempersilakanku, sembari membuka obrolan dengan pertanyaan “Kita sudah lama tidak liburan, ya? Kapan kita liburan?”

Aku melirik ke arahmu, menyeruput teh buatan tanganmu. Tubuh terasa hangat di sore yang beranjak menjadi dingin.

“Kita bisa berlibur saat liburan lebaran atau akhir tahun nanti. Mau ke mana?”

“Aku terserah kamu saja, Mas,” katamu.

Aku akan memberikan lima destinasi wisata untukmu. Untuk kita berlibur bersama. Entah saat libur lebaran atau akhir tahun atau libur-libur yang lainnya. Mengapa hanya lima? Karena Rukun Islam juga ada lima. Karena lima itu L-I-M-A, bukan T-I-G-A, atau E-N-A-M. Karena ya aku suka saja. Jadi lima saja, ya?

***

Korea Selatan

Oh, tak perlu kamu ceritakan lagi. Aku sudah bosan mendengar ceritamu. Aku tahu kamu sangat menggemari drama-drama dari Negeri Ginseng. Setiap saat kamu selalu antusias bercerita bagaimana tampannya artis-artis Korea yang menurutku tidak lebih tampan dari Hamish Daud itu. Aku tak perlu ragu lagi, kamu pasti akan sangat senang untuk berkunjung ke Korea Selatan. Melangkahkan kaki di lokasi pembuatan film drama favoritmu di Pulau Jeju. Kemudian Hanbok yang membungkus tubuhmu akan membuatmu semakin cantik dan anggun kala berjalan. Aku akan memanfaatkan kesempatan itu dengan mengabadikanmu dalam foto. Bukankah kamu memang suka difoto? Mendatangi Pulau Nami menjadi wajib bagimu yang juga menggemari Winter Sonata, oh atau mungkin aku akan mati bosan ketika kamu mulai masuk ke pusat perbelanjaan khusus kecantikan. Terlalu banyak tempat di Korea Selatan yang akan menjadi cerita kita nanti.

Hanbok Couple. Lucu, kan? || Foto dari instagram Mas Ariev Rahman

Jepang

Kamu ingat? Aku pernah bercerita ini padamu. Tentang seorang teman dari Kyoto, Jepang. Dia meminta bantuanku, bertanya segala macam hal mengenai makanan halal. Ah, saat itu kamu sedang dikuasai hormon menstruasi. Kamu langsung marah. Tapi aku maklum, aku sudah terbiasa dengan hal itu sejak kita menikah. Baiklah kembali ke ceritaku itu. Aku hanya membantunya, menjawab pertanyaan-pertanyaannya seputar makanan halal. Itu saja. Tidak lebih. Aku berpikir, permasalahan makanan halal saja sampai dipikirkan hingga tingkat sarjana. Kamu tahu, itu artinya Jepang sangat serius mengembangkan wisata halal di sana. Kamu tidak perlu cemas tak mendapatkan makanan halal saat kita nanti berlibur di sana: menengok kegagahan Asakusa Kannon Temple, singgah di Shinsibaishi, mencoba ramen halal, dan mungkin tak ada yang lebih romantis dari berjalan berdua, kamu menggelayut manja di lengan kiriku, di bawah pohon-pohon Bunga Sakura yang sedang mekar.

Fushimi Inari || Foto dari instagram Mas Rijal Fahmi

Turki

Kamu mungkin mengenal Belanda sebagai Negara Bunga Tulip. Tapi tahukah bahwa Bunga Tulip dikembangkan untuk kali pertama oleh Kerajaan Ottoman di Turki? Aku memang sangat menginginkan Turki menjadi destinasi wisata liburan kita selanjutnya. Tentu kita akan mengunjungi Taman Emirgan: Yang berhiaskan bunga cinta, Bunga Tulip. Berdua menaiki balon udara di Cappadocia, hingga mengagumi sisa-sisa arsitektur era Byzantium di Hagia Sophia, atau melihat situs arkeologis bergaya Yunani di Ephesus. Ya, bangunan bersejarah akan selalu cantik untuk difoto apalagi jika berkombinasi dengan malaikat cantik sepertimu.

Cappadocia || Foto dari Om Barry Kusuma (alambudaya.com)

Aceh

Lain lagi di Aceh. Kamu menyebutnya dengan provinsi tempat melihat mentari terakhir kali. Aku setuju. Sebagai provinsi paling barat di Kepulauan Indonesia ini, Aceh adalah tempat kita bisa melihat matahari di saat yang lain telah gelap. Tempat yang cocok bagi kita yang sama-sama menyukai warna merah kala sang baskara sedikit demi sedikit meninggalkan bumi Indonesia ini. Bagi wanita sepertimu yang mencintai birunya laut, sudah tentu Pulau Weh di Aceh bisa dikatakan surga. Aku tahu kamu mendambakan sebuah tempat tinggal yang di depannya langsung berhadapan dengan laut. Kamu sangat mengidamkan bermain dengan biru air, ikan kecil yang lucu, dan melihat terumbu karang. Bercumbu dengan biru laut sampai kamu bosan. Sesekali waktu kamu akan dapat melihat sekawanan lumba-lumba yang saling berkejaran, meloncat-loncat kegirangan ke atas permukaan air, bebas, lepas, seperti anak kecil yang bahagia ketika dipulangkan lebih awal karena guru-guru mereka mengadakan rapat di sekolah. Di lain waktu, kita bisa menyesap harumnya kopi arabika Gayo. Oh, tapi kamu saja, ya. Aku tak begitu suka kopi. Aku lebih suka berdua denganmu.

Biru, Pulau Weh, Aceh || Foto dari indtravel

Lombok

Ah, kamu mungkin sudah bosan melihat banyaknya foto bulan madu kawanmu di sini. Lombok memang menjadi destinasi utama bagi pasangan yang baru saja menikah. Lombok pula yang sukses membuat Indonesia menang dalam World Halal Travel Destination beberapa waktu lalu. Banyak yang mengenal Lombok dengan Gili Trawangannya. Tapi kita bisa sedikit bergeser, ke Lombok Timur, menikmati keindahan Pantai Tangsi yang pasirnya berwarna merah muda itu. Menikmati tamparan angin laut yang lengket, mendengarkan deru ombak yang datang, hingga pohon kelapa memanggil kita untuk kembali. Atau kita bisa mendaki Gunung Rinjani bersama. Tenang, aku akan menggendongmu ketika kamu merasa letih nanti. Asal nanti bergantian membawa logistiknya, ya? Kalau kamu lapar, kita bisa mencari Ayam Taliwang yang pedas itu. Sangat cocok untukmu yang makan hingga berkeringat karena pedas.

Cheria Halal - Lombok - Om Barry

Danau Segara Anak Gunung Rinjani || Foto dari Flickr Om Barry Kusuma

***

Bibirmu yang semula tersimpul, tersenyum, tetiba menjadi kecut. Seperti biasa kamu akan melontarkan pertanyaaan dengan menggebu-gebu. Entah karena khawatir atau karena terlalu senang akan liburan atau mungkin keduanya. Kamu menyerangku dengan pertanyaan-pertanyaan, bagaimana dengan persiapan kita selama di sana? Apakah kita akan menggunakan agen travel atau kita akan menyusun segalanya sendiri? Jika menggunakan agen, itu akan mempermudah kita tapi kita juga harus pandai memilih agen travel. Terutama agen travel yang mendukung wisata halal.

Aku tertawa saja mendengar ucapanmu. Tidak. Aku tidak bermaksud menertawakanmu. Aku justru senang dengan rasa khawatirmu itu. Itu akan membuat kita menjadi waspada. Tapi aku selalu tertawa melihat bagaimana tingkahmu saat khawatir ini. Aku suka melihat mimik wajahmu yang khawatir. Lalu raut wajahmu berubah menjadi kesal saat aku menertawakanmu. Kegusaranmu layaknya ombak yang terus saja menghantam pantai. Meledak-ledak bersahut-sahutan layaknya petasan liburan tahun baru.

Perlu kamu tahu, Sayang. Liburan kali ini aku tak ingin repot. Kita dapat pergi ke destinasi dengan bantuan Cheria Travel. Tak perlu ada lagi keraguan, kesulitan tentang segala hal yang bersangkutan dengan halal. Semua sudah dipersiapkan dengan baik. Semua gundah gulanamu tentang liburan ini akan sirna.

Cheria Travel berdiri sejak 2012 dan sudah melayani ribuan wisatawan domestik maupun asing dengan cakup layanan meliputi Paket Tur Muslim untuk dalam dan luar negeri. Cheria Travel juga memiliki izin untuk melakukan perjalanan Umroh dan Haji. Serta siap mendukung dan membantu mewujudkan konsep Wisata Halal (seperti tercantum dalam Fatwa MUI*) dengan menyediakan tak kurang dari sepuluh paket wisata halal.

Cheria Halal Wisata

Kamu tak perlu lagi khawatir hotel tempat kita menginap tak syariah. Tak perlu takut makanan yang kita makan jauh dari kata halal. Tak sekadar bahan, tapi juga prosesnya. Kamu juga tak akan kesulitan untuk beribadah di sana. Liburan nanti, kita hanya akan menikmati setiap waktu kita berdua. Cheria Travel siap membantu mewujudkan waktu liburan lebaran atau liburan akhir tahun.

Lebih dari itu, yang perlu kamu ingat, Sayang. Ke manapun kita akan pergi nantinya, aku akan tetap berada di sampingmu. Sampai kita tua nanti.

******

*Fatwa MUI tentang wisata halal dapat dilihat di tautan ini.

**Artikel Cheria Travel ikut mendukung Fatwa MUI terkait wisata halal dapat dibaca di sini.

Cerita ini fiktif belaka dan dibuat khusus untuk diikut sertakan dalam Lomba Menulis Artikel Kreatif yang diselenggarakan oleh Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia.


Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

52 thoughts on “5 Destinasi Wisata Halal untuk Sang Halal

  1. Mas, pengandaianmu kok bisa luwes gitu sih?
    Seakan-akan punya adek yang halal di samping merengek piknik ahaha.
    Kelima-limanya semua dikunjungi boleh? Apik kabeh :))

    Suka

  2. Wuooowwww…ceritanya mau jalan jalan ke 5 tempat ini.
    Tapi yang jadi pertanyaan, siapakah perempuan itu sebenarnya?
    Ehhhhhhhmmm.kayaknya belum ada ya hahaha.
    Kalau gitu aja aku saja besok ke pulau WE nya
    Siap kok.(serius iki)
    Hehehe.

    Keren cerita dan destinasinya yang akan dikunjungi.

    Disukai oleh 1 orang

Kalau menurut kamu gimana?

